ngapak on Blog

Berbagai sumber

Pelecehan Nabi Muhammad
Upaya Mengundang Aksi Terorisme


Deden Gunawan – detikNews


Jakarta – Komik yang menggambarkan sosok Nabi Muhammad SAW kembali muncul. Kali ini komik tersebut dibuat dalam versi Indonesia. Pembuatnya hampir bisa dipastikan berasal dari Indonesia. Atau setidaknya, si pembuat bisa berbahasa Indonesia . Selain memunculkan gambar Nabi, komik itu juga penuh penghinaan terhadap Muhammad, nabi junjungan kaum Islam.

Komik tersebut dibuat dalam sebuah blog yang dihosting di wordpress.com. Komik ini tersebar dari orang ke orang lewat instant messenger dan surat elektronik.

Ada dua cerita dalam komik tersebut dengan judul ‘Muhammad dan Zainab’ dan ‘Kartun Sex Muhammad dengan Budak’. Dua kartun tersebut, sangat banyak sekali menampilkan gambar yang disebutnya sebagai Nabi Muhammad. Pada ‘Muhammad dan Zainab’, misalnya, Nabi digambarkan sebagai sesosok orang mengenakan jubah hijau lengkap dengan surbannya. Wajah Nabi pun digambarkan berewokan.

Komik ini bercerita tentang kisah pernikahan Muhammad dengan Zainab yang merupakan mantan istri anak angkatnya. Lalu kisah Muhammad dengan Aisyah dan kisah Muhammad dengan budaknya, Mariah. Semua orang tahu, tiga kisah ini sering dijadikan senjata untuk memojokkan Islam oleh para musuh Nabi Muhammad.

Gambar-gambar Zainab dan Mariah dalam kartun ini juga ditampilkan dengan pakaian menggoda. Ada pula kutipan ayat-ayat Al Quran dan hadist yang ditafsirkan pengarangnya secara menyesatkan. Sejumlah tokoh Islam pun mengecam keras pemuatan komik tersebut.

Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar, perilaku tersebut merupakan bentuk pelanggaran, karena Islam melarang menampilkan gambar Nabi Muhammad. Selain itu, Nasaruddin juga mengaku sudah mengerahkan jajarannya untuk mengetahui apa motif di balik komik tersebut.

“Pemuatan komik tersebut tentu ada motif. Tidak mungkin kalau hanya sekadar iseng saja. Untk itu kita ingin tahu tujuan pemuatan komik itu,” terang Nasaruddin.

Dugaan Nasaruddin juga didukung Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma`ruf Amin. Menurutnya, komik tersebut memang punya tujuan tertentu. Misalnya, untuk menghina, memanasi, memprovokasi, dan merusak toleransi di Indonesia.

Itu sebabnya, kata Amin, jika tidak segera ditindak tegas bakal membuat kondisi yang tidak aman dan nyaman. “Polisi harus segera bekerja untuk melacak siapa pelakunya, motifnya, serta menghukumnya bila dapat pelakunya,” tegas Amin saat dihubungi detikcom.

Kekhawatiran adanya gangguan keamanan terkait komik penghina Nabi Muhammad juga dikatakan pengamat intelijen Wawan Purwanto. Dan ia menduga munculnya komik tersebut motifnya satu, menjelek-jelekan Islam sehingga diharapkan bisa mengganggu stabilitas keamanan dengan jalan mengadu domba.

“Munculnya komik ini tidak lama setelah eksekusi Amrozi cs. Tentu saja ini punya tujuan tertentu. Salah satunya untuk memanas-manasi kelompok-kelompok Islam garis keras untuk bertindak,” jelas Wawan kepada detikcom.

Apakah komik tersebut bisa mengundang aksi terorisme? “Bisa saja,” ujarnya. Tapi imbuh Wawan, tujuan yang paling jelas adalah mengadu domba antar agama yang ada di Indonesia. Kalau tidak segera diatasi bisa berujung dengan aksi terorisme.

Namun kekhawatiran akan aksi terorisme terkait munculnya komik Nabi Muhammad ditepis Nasir Abas, bekas anggota Jamaah Islamiah  yang juga kakak ipar Ali Ghufron alias Muklas, pelaku bom bali I yang telah dieksekusi mati pekan (10/11/2008).

Alasan Nasir, aksi teroris yang terjadi selama ini lebih didasari masalah politik dan kekuasaan. “Selama ini aksi terorisme tidak pernah atas dasar alasan pembelaan terhadap penghinaan agama Islam atau Nabi Muhammad,” terang Nasir Abas.

Tapi, lanjut Nasir, munculnya komik yang menghina Nabi Muhammad hanya ingin memanas-manasi umat Islam.(ddg/iy) www.detiknews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tidak ada
  • Mustain: keren..............lah
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: